Purwokerto (10/03/2020) –  Kegiatan Pemantauan Perkembangan Harga Transaksi Pasar (HTP) produk Hasil Tembakau merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap triwulan berdasarkan Surat Edaran Dirjen Bea Cukai nomor SE-18/BC/2017 tanggal 27 Desember 2017.

Bea Cukai Purwokerto telah melaksanakan Pemantauan Harga Transaksi Pasar periode  Triwulan I tahun 2020 dengan wilayah monitoring yang sudah ditentukan. Periode kali ini (10/03), Bea Cukai Purwokerto melaksanakan kegiatan Pemantauan Perkembangan Harga Transaksi Pasar di Kabupaten Banyumas pada Kecamatan Kebasen, Patikraja dan Kembaran serta Kabupaten Purbalingga pada Kecamatan Bojongsari dan Kaligondang.

Pelaksanaan Pemantauan Harga Transaksi Pasar  dilaksanakan oleh dua tim yang terdiri dari beberapa pegawai Bea Purwokerto dan juga dibantu mahasiswa yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Adapun teknis pelakasanaannya yaitu mendata produk hasil tembakau yang berada pada display/etalase di Tempat Penjualan Eceran(TPE) yang meliputi toko modern atau tradisional pada bangunan permanen.   

Selain itu, tim yang betugas juga memberikan sosialisasi atau edukasi terkait rokok ilegal kepada pemilik Tempat Penjualan Eceran agar mereka memahami tentang produk hasil tembakau yang legal.