Bea Cukai Purwokerto Rutin Buka Ruang Konsultasi Dengan Pengguna Jasa Melalui Kelas Fasilitas

Purwokerto (26/11/2020) – Diantara empat fungsi DJBC, salahsatunya adalah industrial assistance. Intens dalam menjalankan fungsi tersebut, Bea Cukai Purwokerto memberikan ruang dialog melalui kegiatan Kelas Fasilitas untuk perusahaan pengguna fasilitas KITE IKM. Acara dilaksanakan melalui virtual meeting guna menghindari resiko penyebaran virus COVID-19.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Erwan Saepul Holik dengan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh perusahaan yang sudah berkenan hadir mengikuti kelas fasilitas periode November.

Topik bahasan pada kelas fasilitas kali ini membahas seputar fasilitas KITE IKM untuk menanamkan pemahaman peraturan agar tidak terjadi pelanggaran kepabeanan kedepannya. Materi disampaikan langsung oleh Eri Budho Priyono, meliputi saat awal perusahaan ingin mengajukan fasilitas KITE IKM hingga kewajiban perusahaan saat menerima fasilitas KITE IKM.

“Seperti yang sudah dirasakan oleh perusahaan Bapak dan Ibu sekarang, fasilitas KITE IKM ini diberikan pemerintah adalah untuk mengurangi biaya produksi dengan cara memberikan pembebasan Bea Masuk, PPN dan PPnBM tidak dipungut” pungkas Eri.

Di samping membahas perizinan KITE IKM, Eri juga memberikan penjelasan mengenai ketentuan impor Mesin dan Barang Contoh serta Impor Kembali Hasil Produksi. Setelah penjelasan dari Eri usai, seluruh perusahaan yang hadir dalam meeting room diberikan kesempatan untuk diskusi tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan.

Setelah berakhir sesi tanya jawab, setiap perusahaan diberikan keluasan untuk dapat berkonsultasi mengenai perkembangan bisnis dan kendala yang dihadapi perusahaan selama menggunakan fasilitas KITE IKM. Salah satu perusahaan yaitu perwakilan dari PT. Kesan Baru Sejahtera, Jumitri mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum terdapat kendala saat menggunakan fasilitas KITE IKM karena kemudahan dalam berkonsultasi langsung dengan petugas Bea Cukai Purwokerto.

Dengan adanya kegiatan rutin kelas fasilitas setiap bulan, diharapkan dapat memberikan ruang diskusi dan konsultasi untuk seluruh pengguna jasa di KPPBC TMP C Purwokerto demi terlaksananya pelayanan yang lebih baik.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *