Bea Cukai Purwokerto Sosialisasikan Cukai di Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara

Banjarnegara (04/11/2020) – Sinergi antara Bea Cukai Purwokerto dengan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam melindungi masyarakat dilakukan dalam bentuk kegiatan sosialisasi ketentuan di bidang cukai. Acara diadakan secara tatap muka dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di Aula Balai Desa Gembongan.

Dalam acara sosialisasi kali ini, Pemkab Banjarnegara mengundang Bea Cukai Purwokerto sebagai narasumber bersama SATPOL PP Banjarnegara dan Dindagkop Banjarnegara dengan audience seluruh Kepala Desa se Kecamatan Sigaluh, Lurah Kalibenda, tokoh masyarakat serta 2 (dua) orang pengusaha Toko dari masing-masing desa.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Erwan Saepul Holik menjelaskan pemaparan bersama Luly Nugraheni dengan tema berjudul “Mayuh Bebarengan Gempur Rokok Ilegal”.

Erwan menjelaskan apa itu cukai menurut Undang-undang, sifat atau karakteristik cukai dan apa saja objek cukai. Selain itu, Erwan juga menerangkan mengenai porsi cukai terhadap postur APBN di tahun 2020.

“Pungutan cukai dikenakan terhadap 3 barang, yaitu Etil Alkohol, Minuman Mengandung Etil Alkohol atau disebut MMEA , dan Hasil Tembakau” jelas Erwan.

Dalam pemaparan selanjutnya, Luly Nugraheni menambahkan mengenai ketentuan pidana penjara dan pidana denda sesuai dengan UU nomor 39 tahun 2007. Luly juga menjelaskan kepada seluruh audience di Aula Balai Desa Gembongan, tentang ciri-ciri rokok ilegal yang perlu diketahui masyarakat.

“Untuk mengetahui rokok yang dijual itu legal atau ilegal, Bapak dan Ibu dapat memeriksa pada kemasan rokok tersebut apakah pita cukainya palsu, pita cukainya sesuai peruntukan atau tidak, pita cukainya bekas atau tidak dan dipastikan rokok yang dijual tidak polos/tanpa pita cukai” pungkas Luly.

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara ini didukung dan didanai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kabupaten Banjarnegara.

Dengan terselenggaranya sosialisasi ketentuan di bidang cukai ini, diharapkan masyarakat khususnya di Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara dapat memahami apa itu cukai dan turut serta dalam program Gempur Rokok Ilegal demi optimalnya penerimaan negara.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *