Sinergi Bea Cukai Purwokerto, Disperindag dan BPPOM dalam Melindungi Konsumen

Banjarnegara (20/10/2020) – Bea Cukai adalah unit vertikal di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki tugas dan fungsi selain revenue collector yaitu juga sebagai community protector. Sejalan dengan ugas sebagai community protector, Bea Cukai Purwokerto berkesempatan menjadi narasumber dalam acara sosialisasi bertajuk “Perlindungan Konsumen Bersama Indonesia Maju” yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah.

Sosialisasi diadakan di Kabupaten Banjarnegara tepatnya di ruang pertemuan outdoor Hotel Surya Yudha dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19. Selain narasumber dari Bea Cukai, hadir juga narasumber dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Banjarnegara serta BPPOM Purwokerto. Kolaborasi yang dilakukan oleh beberapa instansi pemerintah ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat konsumen (20/10).

Adapaun audience yang diundang berasal dari beberapa kalangan dan profesi, diantaranya HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), APVB (Asosiasi Pengusaha Vapestore Banjarnegara), Ibu-ibu PKK, Kadin, IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) serta beberapa tokoh masyarakat.

Topik yang disampaikan dari Disperindagkop Banjarnegara adalah terkait perizinan barang-barang yang beredar di pasaran seperti barang elektronik dan juga mengenai perizinan usaha. BPOM Purwokerto menyampaikan materi tentang izin edar produk makanan, kosmetik dan obat-obatan. Bea Cukai Purwokerto menyajikan materi tentang ketentuan di bidang cukai, khususnya terkait dengan peran cukai terhadap APBN, pengawasan peredaran Barang Kena Cukai dan pencegahan peredaran rokok ilegal. Ketiga instansi pemerintah tersebut tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen dengan mengutamakan pelayanan dan pengawasan yang optimal.

Dengan adanya sinergi dan kolaborasi antara Bea Cukai Purwokerto dengan Instansi Pemerintah Daerah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai fungsi cukai bagi negara dan ikut serta dalam pencegahan peredaran BKC Ilegal demi mengoptimalkan penerimaan negara dan melindungi masyarakat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *