Visi dan Misi

Untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto sebagai unit pelaksana di daerah dituntut untuk senantiasa mengantisipasi perubahan yang terjadi baik secara internal maupun eksternal. Berikut ini penjelasan tentang Visi dan Misi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Purwokerto.

MENJADI KANTOR MADYA TERBAIK DALAM KINERJA DAN CITRA

KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto hendaknya mempunyai sudut pandang yang visioner agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi serta memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai, cara pandang tersebut kemudian dikristalisasikan dalam suatu visi, yaitu :

Penjelasan dari VISI KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto adalah :

  • KANTOR MADYA
    adalah sebutan untuk sebuah perubahan menuju kantor modern dalam hal pengawasan dan pelayanan kinerja kepada masyarakat pengguna jasa kepabeanan;
  • KANTOR MODERN
    adalah Kantor pelayanan DJBC yang memberikan pelayanan prima dan pengawasan yang efektif kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai dengan mengimplementasikan cara kerja yang cepat, efisien, transparan dan responsif terhadap kebutuhan pengguna jasa, dengan dukungan instansi terkait;
  • KINERJA
    adalah suatu capaian pelaksanaan kegiatan, program dan kebijaksanaan yang telah ditetapkan;
  • CITRA
    adalah kesan customer atas kinerja institusi DJBC.

Dengan demikian visi DJBC tersebut bermakna, suatu pandangan ke depan dan cita-cita untuk menempatkan KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto agar menjadi Kantor Pengawasan dan Pelayanan yang bekerja dengan efektif, efisien, transparan dan responsif terhadap pengguna jasa sehingga memiliki kesan yang baik atas kinerja KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto secara khusus dan DJBC secara umum serta mampu mencapai program dan kebijaksanaan yang telah ditetapkan.

Untuk membantu mewujudkan visi tersebut, maka harus dirumuskan misi yang jelas dan terarah sehingga tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Misi KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto dalam melaksanakan tugas pokok Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di bidang kepabeanan dan cukai adalah memberikan pelayanan prima, pengawasan efektif, pembinaan berkelanjutan kepada pengguna jasa dan peningkatan kemampuan institusi.

Penetapan Tujuan

Demi terwujudnya visi dan misi organisasi, perlu ditetapkan tujuan untuk kurun waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun kedepan agar perumusan sasaran, kebijaksanaan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan lebih terarah. Untuk dapat terlaksana, tujuan harus jelas, berjangka waktu dan merupakan jawaban dari prioritas atau permasalahan yang teridentifikasi dalam kajian lingkungan internal dan eksternal.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto menetapkan tujuan organisasi sebagai berikut :

  1. Optimalisasi Penerimaan Bea Masuk dan Cukai;
  2. Mengoptimalkan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai;
  3. Terwujudnya pengawasan yang efektif dan efisien dalam rangka penegakan hukum dan perlindungan masyarakat;
  4. Meningkatnya profesionalisme sumber daya manusia;
  5. Mengoptimalkan sarana dan prasarana yang tersedia.

Penetapan Sasaran

Sasaran adalah penjabaran dari tujuan yang merupakan sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto dalam jangka waktu tertentu. Sasaran disusun dalam bentuk yang dapat dikuantitatifkan sehingga dapat diukur dan memilliki kriteria yang mengandung arti, rasional, menantang, dan konsisten. Berdasarkan paparan tersebut di atas, untuk tahun 2016 KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto menetapkan sasaran sebagai berikut :

  1. Penerimaan Negara di sektor kepabeanan dan cukai yang optimal;
  2. Kepuasan pengguna layanan yang tinggi;
  3. Kepatuhan pengguna layanan yang tinggi;
  4. Peningkatan pelayanan prima;
  5. Edukasi dan Komunikasi yang Efektif;
  6. Peningkatan Efektivitas Pengawasan Kepabeanan dan Cukai;
  7. SDM yang Kompetitif;
  8. Organisasi yang Kondusif;
  9. Pelaksanaan anggaran yang optimal.

Penetapan Program

Program merupakan kumpulan kegiatan nyata dan terpadu yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa instansi pemerintah dalam rangka kerjasama dengan masyarakat guna mencapai tujuan sasaran yang ditetapkan. Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto menetapkan program sebagai berikut :

  1. Peningkatan pelayanan untuk kelancaran arus dokumen dan barang impor/ekspor;
  2. Peningkatan pelayanan untuk kelancaran arus dokumen cukai dan pembelian pita cukai;
  3. Peningkatan pelayanan dan pengawasan perizinan;
  4. Pemungutan bea masuk/PPKP dan cukai;
  5. Penegakan peraturan perundang-undangan dibidang kepabeanan dan cukai;
  6. Peningkatan pelaksanaan administrasi dan pembinaan sumber daya manusia;
  7. Peningkatan pengelolaan keuangan;
  8. Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana;
  9. Peningkatan kuantitas dan kualitas pertemuan dengan instansi terkait;
  10. Mengadakan kegiatan P2KP secara rutin.

Visi : Menjadi Kantor Madya Terbaik dalam Kinerja dan Citra.
Misi : Memberikan pelayanan prima, pengawasan efektif, pembinaan berkelanjutan kepada pengguna jasa dan peningkatan kemampuan institusi.


 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *